Langsung ke konten utama

Merangkai Kata dan Mimpi Bermodalkan Grup WhatsApp



Blogger jadi salah satu titel yang cukup akrab di telinga saya karena salah satu saudara yang juga seorang blogger. Karena melihat saudara yang bisa tetap berkarir sebagai blogger dan memiliki penghasilan meski berstatus ibu rumah tangga membuat saya berpikir apakah saya juga harus menjadi seorang blogger ?

Dengan latar hobi membaca meski sekarang sudah jarang dan profesi sebagai freelancer di bidang writing article membuat saya tergiur untuk benar-benar terjun ke dunia tulis menulis ini. Tapi saya bingung harus mulai dari mana.

Meski kakak yang seorang blogger mulai memberi tahu apa yang harus dilakukan, saya tetap bingung. Sampai akhirnya kakak saya jugalah yang memberi jalan dengan memberikan sebuah link whatsApp grup yang katanya dibentuk oleh para petinggi IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis).

Tanpa pikir panjang, saya langsung mengakses link tersebut dan gabung di grup yang ternyata memiliki nama "Ngeblog dari 0" ini. Sampai sekarang saya sudah bergabung bersama grup ini sekitar hampir tiga bulan.

Hadirnya blog saya tercinta ini juga merupakan buah hasil dari mengikuti grup whatsApp ini. Saya kurang ingat tanggal tepatnya saya bergabung dengan grup ini, tapi yang saya ingat adalah agenda pertama yang saya ikuti bersama grup ini adalah zoom meeting yang langsung diisi para petinggi IIDN tentang cara membuat blog gratis.

Zoom meeting ini dibimbing langsung oleh Ketua Umum IIDN, mbak Widyanti Yuliandari bersama dengan petinggi IIDN lainnya yaitu mbak Alfa Kurnia dan mbak Nunu Amir. Agenda ini merupakan kegiatan yang sangat saya ingat karena inilah pertama kalinya saya masuk ke komunitas dengan para peserta dan pembimbing yang belum saya kenal.

Terlebih lagi dunia menulis dan blog belum benar-benar saya pahami sehingga saya takut menjadi orang paling bodoh di komunitas ini. Tidak saya sangka, di zoom meeting tersebut para narasumber sangat detail menjelaskan cara-cara yang harus saya lakukan untuk membuat dan membangun sebuah blog.

Selesai dari zoom meeting ini, saya merasa puas karena telah menjadi seorang blogger dan memiliki sebuah blog. Sayangnya rasa puas tersebut hanya berlangsung selama beberapa menit saja karena langsung digantikan oleh kebingungan lainnya.

"Apa yang harus saya lakukan dengan blog yang telah saya buat ? Apa mungkin blog saya bisa tumbuh sendiri dan memberikan saya banyak penghasilan ? saya rasa tidak."

Karena tidak tahu apa yang harus dilakukan, akhirnya saya pasrah membiarkan blog saya kosong. Tidak disangka, grup whatsApp ngeblog dari 0 ternyata memberikan jawaban untuk kebingungan saya.

Melalui bimbingan mbak Widyanti, mbak Alfa dan mbak Nunu saya mendapatkan jawaban mengenai apa yang harus saya lakukan. Meski saya tidak aktif berbicara terus menerus dalam grup whatsApp ini, namun saya merasa berhasil menangkap petunjuk yang diberikan oleh ketiga pembimbing IIDN ini.

"Mulai saja dulu, tulis saja dulu, posting saja dulu" inilah rangkuman petunjuk awal yang saya dapatkan dari ketiganya. Berkali-kali dengan redaksi yang berbeda, saya merasa terus menerus diarahkan untuk menulis tanpa harus mempedulikan hal lain selain menulis.

Tak perlu memikirkan apakah tulisan saya bagus atau tidak, apakah gambar yang saya gunakan bagus atau tidak, apakah materi yang dibahas menarik atau tidak. Saya hanya perlu menulis terus menerus agar blog saya bisa bertumbuh.

Mbak Widyanti juga pernah berujar "Seorang blogger harus sering membaca agar memiliki pengetahuan yang lebih luas dan kualitas tulisan bisa meningkat". Meski bingung, namun saya berusaha mempraktikkan hal ini, apapun topik yang sedang ingin saya ketahui akan langsung saya cari saat itu juga.

Meski topik yang saya baca itu tidak saya gunakan untuk apapun, namun selalu ada beberapa istilah baru yang saya pahami. Ternyata tips yang diberikan mbak Widyanti ini langsung memberikan dampak pada diri saya. Meski saya tidak tahu bagaimana pendapat orang lain, namun saya merasa semakin hari kualitas tulisan saya lebih baik.

Hingga hampir 3 bulan sejak bergabung dengan grup whatsApp ngeblog dari 0 ini, saya memang masih belum bisa menjadi blogger berkualitas tinggi dengan traffic blog yang juga tinggi. Saya masih menjadi blogger pemula yang bahkan belum tahu bagaimana cara membuat blog saya terkenal, bagaimana cara membuat blog saya banjir pembaca.

Tapi saya merasa bahwa saya telah menjadi pribadi yang berani berbicara melalui tulisan tanpa ragu. Saya telah berhasil menapaki tangga pertama di dunia menulis sesuai dengan harapan saya.

Melalui grup whatsApp ini juga saya bisa lebih leluasa menganyam mimpi dan merangkai kata. Siapa sangka hanya melalui grup whatsApp saya berani mengikuti salah satu perlombaan yang diadakan IIDN.

Kemenangan memang bukan target saya sejak awal, namun pengalaman untuk menerjunkan tulisan saya ke muka umum menjadi target utama yang saya kejar. Alhamdulillah berkat grup whatsApp ini saya berani untuk menerjunkan tulisan saya yang mungkin kualitasnya masih dibawah rata-rata.

Bersama grup whatsApp ini, saya mendapat berbagai manfaat yang saya rasa akan sulit saya dapatkan jika tidak bergabung dengan grup. Berbagai agenda di dunia menulis mulai dari blogwalking, mengikuti lomba, dan lain sebagainya menjadi agenda yang selalu membuat saya bersemangat untuk menantang diri saya agar bisa menyelesaikan seluruh agenda tersebut dengan baik.

Usut punya usut IIDN juga telah menyiapkan agenda lain untuk para blogger baru berupa kelas blog berjudul "2022 blogging goals for newbie" yang akan digelar pada 28 Januari 2022 mendatang. Saya sangat antusias dan menantikan berbagai manfaat yang akan diterima dari kelas ini.


Menapaki tangga menuju mimpi bisa dimulai melalui berbagai jalan yang berbeda bagi setiap orang. Hal seringan grup whatsApp ternyata bisa membawa tangga mimpi ini lebih dekat selama berbagai fasilitas dan ilmu yang ada dimanfaatkan dengan baik.

Ahay, niat menulis 400 kata aja ternyata kok jadi kepanjangan gini. Ini nih salah satu akibat positif dari ikutan grup IIDN. Sepertinya harus saya sudahi dulu tulisannya. Intinya ambil langkah pertama dengan hal yang ringan dan nikmati setiap proses yang ada agar kita semua bisa mencapai mimpi yang dimiliki. Selamat berjuang meraih mimpi dan jangan ragu untuk memulai. Semoga bermanfaat 😉😉

Komentar

  1. Keren, mbaa 👏👏👏
    Aku menulis di blog karena emang ingin menulis, gak prnh niat mimpi jadi blogger, kejauhaaan 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak

      apapun niat nulisnya, semoga kita semua istiqomah terus ya mbak 😊😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aamiin

      Mbak Juwita juga semoga mimpinya apapun itu segera terwujud ya 😊

      Hapus
  3. Semoga tetap bisa konsisten dan semangat ngeblog, ya mba. Dengan aura positif yang disebarkan di komunitas, kita juga bisa terwarnai aura positifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin

      semoga semua peserta grup punya semangat yang sama-sama membara yaa

      Hapus
  4. Semoga semangatnya tetap terjaga, ya, Mbak. Salam dari saya, blogger pemula juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam balik dari saya yang sama-sama blogger pemula mbak hehe

      mudah2an mbak juga terus semangat ngeblognya

      Hapus
  5. Masih berusaha agar bisa rajin baca biar pengetahuannya luas dan kualitas tulisan meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan kita semua bisa sama-sama meningkatkan skill menulisnya ya mbak hehe

      Hapus
  6. Salam kenal, Mbak. Saya sepakat, untuk meraih mimpi memang harus berani memulai dan menikmati prosesnya. Tetap semangat, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mbak,,

      Mudah2an semangat terus ya mbak, semangat juga buat mbak Mutiara

      Hapus
  7. Bismillahirrahmanirrahim... Semoga bisa konsisten ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin

      mudah-mudahan konsisten dalam segala hal ya mbak

      Hapus
  8. Keren, mbak.. Gegara IIDN pun saya jadi tersadarkan, ternyata bisa ya nulis panjang-panjang. Yang tadinya terasa sulit, pas dijalani prosesnya, ternyata bisa ya..

    Semangat!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, di IIDN ini saya dapat banyak semangat karena ngeliat blogger-blogger lain

      Semang juga mbak Intan

      Hapus
  9. berkat grup belajar blog di iidn, saya mulai belajar konsisten menulis. Dan mencoba melepas rantai gajah yang sempat menghambat laju belajar dengann memperbaiki kuantitas membaca dan kualitas menulis.

    BalasHapus
  10. Keren mbak., semoga konsistensi kita sebagai pemula dalam dunia tulisan bisa terus berkembang.

    BalasHapus
  11. Sebenarnya kalau sudah didepan keyboard sudah meluncur kata-kata ya

    BalasHapus
  12. benar mbak. Kata-lata mbak Wid yang selalu saya ingat, banyakin input input input alias banyak baca. Maka menulis (Output) akan semakin mudah

    BalasHapus
  13. bener mba, kata-kata mba wid yang tulis aja duluw, yang penting nulis dulu.. gak usah mikir seo, adsense dll... nulis aja dulu 😄

    BalasHapus
  14. Kalau udah nulis panjang ga kerasa... Tau² ratusan kata yaa

    BalasHapus
  15. Bismillah mulai dari nol terus berproses, setahap demi setahap, impian diujung insyaAllah dapat tergapai

    BalasHapus
  16. Semoga bisa produktif menulis terus ya kak. Sya jg semoga bisa lebih konsisten setelah Ikut IIDN

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Diet Oatmeal untuk Anda Para Pejuang Sehat

Diet diet diet . . . Kata yang selalu menghantui berbagai kalangan sekaligus menjadi penyemangat untuk hidup sehat. Dalam artikel sebelumnya, sedikit dibahas mengenai jenis oatmeal dan pemahaman diet oatmeal untuk menambah sedikit informasi bagi para pembaca. Diet oatmeal bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja, diet oatmeal juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya : Menjaga kesehatan jantung Menurunkan Kolesterol Menstabilkan gula darah Memperbaiki pencernaan Namun tentu manfaat-manfaat tersebut hanya bisa dirasakan jika Anda melakukan diet dengan cara yang tepat tanpa menyiksa tubuh Anda. Meski oatmeal memiliki berbagai manfaat baik, namun manfaat baik tersebut bisa berbalik menjadi petaka bagi tubuh Anda jika tidak dikonsumsi sesuai dosis yang tepat. Baca Juga : Diet Oatmeal ? Emang Enak ? Tips Diet Oatmeal Demi Tubuh Sehat Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari diet oatmeal , ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Meski memiliki manfaat yang baik,

Manfaat AB Slide Wheel Untuk Membentuk Tubuh Sehat Anda

Melatih berbagai bagian tubuh dengan rutinitas olahraga bisa menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan berbagai alat olahraga khusus untuk memaksimalkan manfaat dari olahraga yang Anda lakukan. Beberapa kalangan ada yang memilih melakukan rutinitas olahraga di tempat gym, namun ada juga yang memilih melakukan rutinitas ini di rumah dengan membeli peralatan olahraga yang dibutuhkan. Jika Anda sedang ingin melatih otot tubuh Anda, Anda bisa memilih salah satu peralatan olahraga yang cukup banyak direkomendasikan yaitu ab slide wheel . Manfaat ab slide wheel ini memang sangat berkaitan dengan kesehatan dan kekuatan otot. Adapun beberapa   manfaat yang dimiliki oleh peralatan ini diantaranya : Melatih Otot Perut Manfaat pertama yang dimiliki oleh ab slide wheel adalah melatih otot perut. Ab slide wheel bisa digunakan dengan melakukan beberapa gerakan seper

Diet Oatmeal ? Emang Enak ?

Diet, sampai saat ini masih menjadi satu wacana yang sering ada dalam rencana hidup setiap orang namun cukup sulit untuk diwujudkan (termasuk saya 😁). Ada ratusan metode diet yang bisa digunakan tergantung pada selera dan kenyamanan masing-masing, salah satunya adalah diet oatmeal . Tujuan dari diet sendiri sebenarnya cukup beragam bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga bisa untuk menaikkan berat badan, hingga membentuk massa otot. Karena tujuannya yang berbeda, maka pola diet atau cara diet yang dilakukan juga berbeda-beda. Mengenal Oatmeal dan Peran Pentingnya Selama Diet Diet dan oatmeal menjadi dua hal yang cukup sering dikaitkan karena oatmeal seringkali digunakan dalam proses diet ini. Oatmeal sendiri sebenarnya merupakan gandum utuh, sehingga oatmeal dipastikan memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh. Oatmeal dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki serat tinggi sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan satu kandungan ini saja, tentu Anda sudah paha