Langsung ke konten utama

Cara Menjaga Kewarasan Diri di Tengah Tekanan Part 1


Biasanya saya mengisi blog ini dengan tulisan-tulisan serius yang tertata, tapi kali ini saya merasa sangat ingin menulis tentang topik ini langsung dari otak saya tanpa referensi apapun. Menjaga kewarasan diri, menurut saya merupakan poin yang sangat penting dalam kehidupan.

Mbak-mbak dan Mas-mas yang baca sama gak ya kayak saya ?

Saya juga sebenarnya belum begitu paham apakah istilah kewarasan diri itu ada atau tidak. Entah ada atau tidak, namun saya merasa kewarasan diri sangat penting untuk dijaga. Yaaa kalau gak dijaga terus nanti kita jadi orang gak waras bahaya dong, betul gak teman-teman ?

Dengan menjaga kewarasan, setiap aktivitas dan rencana kehidupan bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita meski tentunya tetap tergantung pada takdir yang ditentukan. Kewarasan diri ini seringkali terganggu karena berbagai hal salah satunya adalah tekanan pekerjaan.

Mulai dari yang berstatus karyawan, ibu rumah tangga, freelancer, pelajar, dan lain sebagainya pasti mengalami tekanan dalam kehidupannya. Perbedaannya ada yang menyadari tekanan tersebut ada yang tidak, ada yang serius menangani tekanan tersebut ada yang santai saja dibawa enjoy.

Pada dasarnya sekecil apapun tekanan yang dimiliki harus segera ditangani agar tidak memberikan pengaruh terhadap kesehatan psikis. Jika tidak segera ditangani, tekanan yang kecilpun bisa menjadi masalah besar dan akhirnya membawa kita menjadi orang yang "tidak waras".

Menurut saya, salah satu pemahaman yang membuat banyak orang enggan mengorek masalah tekanan mental yang dimilikinya adalah pemahaman bahwa tekanan mental hanya bisa disembuhkan oleh psikolog. Pemahaman ini sebenarnya merupakan pemahaman yang tidak sepenuhnya benar.

Jika Anda mengalami tekanan yang mulai membuat pola tidur tidak baik, kesehatan Anda terganggu, sering merasa cemas berlebihan, maka Anda memang harus segera menemui psikolog. Namun jika Anda merasa tekanan yang dialami tidak separah itu, mungkin Anda masih bisa mengatasinya secara personal.

Bagaimana caranya mengatasi tekanan mental tanpa bantuan ahli medis ? Berikut ini beberapa cara yang menurut saya bisa membantu meringankan tekanan batin Anda dan menjaga kewarasan diri kita semua.

Lebih Mendekat Pada Alloh S.W.T.

hmmm subjudulnya sok agamis banget yaa, tapi memang ini cara paling jitu yang bisa membuat kita lebih tenang. Saya merasa perlu mencantumkan hal ini sebagai pembahasan pertama karena saya sudah merasakannya sendiri.

Kebiasaan manusia ya, kalau sudah kena masalah baru curhat sama Alloh S.W.T..

Tapi da Alloh S.W.T. mah baik, kita curhat dadakan aja masih diterima dong..

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mendekat pada Alloh S.W.T. diantaranya :

  • Menambah frekuensi ibadah
  • Meningkatkan kualitas ibadah
  • Melibatkan Alloh S.W.T. di setiap aktivitas lewat Istighfar dan Hamdalah
  • Menambah ilmu pengetahuan tentang agama
Menurut saya cara-cara ini bukan cara yang sulit dilakukan. Beberapa kali saya mendengar kawan berujar "yaa gimana mau dikasih pertolongan sama Alloh, aku mah dosanya numpuk jadi ya pasrah aja lah gimana takdir".

Padahal sebenarnya Alloh S.W.T. itu kan Maha Pengampun ya. Sebanyak apapun dosa yang kita miliki, selama kita mau balik lagi mendekati Alloh S.W.T. pasti diampunin tuh.

Tahun ini saya juga merasa mendapat tekanan hidup cukup besar yang ternyata hingga saat ini masih saya rasakan dampak dari tekanan tersebut. Saya lantas mencoba mempraktikkan keempat cara mendekati Alloh tersebut dan hal luar biasa saya rasakan sekarang.

Hasilnya apa ? saya merasa jauh lebih tenang dan jauh lebih positif.

Meski tekanan itu belum sepenuhnya pergi, tapi saya merasa dengan mendekati Alloh S.W.T. saya lebih tenang dan selalu berusaha positif meski ingat bahwa saya sedang tertekan saat ini.

Setiap proses dan usaha untuk menyelesaikan masalah yang sekarang sedang saya lakukan selalu terasa ringan tanpa beban.

Saya secara pribadi merasa semua ini berawal dari proses pendekatan lagi ke Alloh S.W.T.

Mas-mas dan Mbak-mbak sependapat gak ?

Sebenarnya saya masih ingin sharing hal lain yang menurut saya juga bisa membantu agar diri kita tetap waras, tapi sepertinya tulisan ini akan terlalu panjang kalau saya share hal lain juga.

Maka dari itu, cara menjaga kewarasan diri lainnya akan saya share di artikel part 2 nanti yaaa

Semoga cuap-cuap saya tadi tidak hanya cuap-cuap kosong belaka dan bisa memberikan manfaat ataupun inspirasi untuk pembaca semua.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di pembahasan part 2 😉😉

Komentar

  1. masalah sekecil apapun memang harus segera dicari solusinya ya, mba, agar menimbulkan ketenangan diri. selanjutnya kewarasan diri akan dimiliki. thankyou mba for sharing.

    BalasHapus
  2. Masya Allah, tekanan dan masalah pasti menghampiri setiap orang. Terima kasih tipsnya mb

    BalasHapus
  3. Karena setiap orang punya mental yang berbeda ya mbak. Tidak bisa disamaratakan. Setiap orang punya batas menerima tekanan yang berbeda.

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat makasih mbak

    BalasHapus
  5. Betul mbak.. sebesar apapun masalah yg dihadapi, hanya Allah lah tempat kembali untuk mencari solusi. Info yang sangat menarik mbak..

    BalasHapus
  6. Setuju kak. Ketika sedang stress, depresi, lebih mendekatkan diri sama Allah semua masalah terasa lebih ringan. Menangis dihadapan sang Kuasa lebih melegakan.

    BalasHapus
  7. Pola tidurku sudah lama sekali berantakan. Perlahan coba belajar self healing dan perbanyak ibadah agar lebih rileks

    BalasHapus
  8. Masyaa Allah, terima kasih untuk pengingatnya mba Ishmah. Bahwa segala muara dari setiap persoalan hidup kita ujung pangkalnya hanya kepada Allah sajalah kita berserah dan akan menemukan jalan keluarnya ❤.

    BalasHapus
  9. Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Setuju banget dengan tipsnya

    BalasHapus
  10. Semua dikembalikan kepada Allah, akan membuat lebih tenang menghadapinya

    BalasHapus
  11. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus... terimaksih reminder nya mba

    BalasHapus
  12. Sepakat... Kalau lagi ga karuan rasanya... Dipake sholat ngaji dzikir emang paling nyaman

    BalasHapus
  13. Tips paling bermanfaat buat saya sebagai ibu 4 anak balita agar kewarasan masih terjaga

    BalasHapus
  14. Masalah sepelik apa pun pasti ada solusinya, aku selalu yakin hal itu mba. Aku percaya jika Allah akan memberikan jalan. Biar tetep waras :)

    BalasHapus
  15. Menjaga kewarasan diri sangat penting karena kita harus mencintai diri kita sendiri. Dan mendekatkan diri kepada Allah dibuat di point pertama saya sangat setuju karena kita sebagai manusia tidak memiliki kekuatan apa² selain kekuatan yg Allah berikan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Diet Oatmeal untuk Anda Para Pejuang Sehat

Diet diet diet . . . Kata yang selalu menghantui berbagai kalangan sekaligus menjadi penyemangat untuk hidup sehat. Dalam artikel sebelumnya, sedikit dibahas mengenai jenis oatmeal dan pemahaman diet oatmeal untuk menambah sedikit informasi bagi para pembaca. Diet oatmeal bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja, diet oatmeal juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya : Menjaga kesehatan jantung Menurunkan Kolesterol Menstabilkan gula darah Memperbaiki pencernaan Namun tentu manfaat-manfaat tersebut hanya bisa dirasakan jika Anda melakukan diet dengan cara yang tepat tanpa menyiksa tubuh Anda. Meski oatmeal memiliki berbagai manfaat baik, namun manfaat baik tersebut bisa berbalik menjadi petaka bagi tubuh Anda jika tidak dikonsumsi sesuai dosis yang tepat. Baca Juga : Diet Oatmeal ? Emang Enak ? Tips Diet Oatmeal Demi Tubuh Sehat Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari diet oatmeal , ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Meski memiliki manfaat yang baik,

Manfaat AB Slide Wheel Untuk Membentuk Tubuh Sehat Anda

Melatih berbagai bagian tubuh dengan rutinitas olahraga bisa menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan berbagai alat olahraga khusus untuk memaksimalkan manfaat dari olahraga yang Anda lakukan. Beberapa kalangan ada yang memilih melakukan rutinitas olahraga di tempat gym, namun ada juga yang memilih melakukan rutinitas ini di rumah dengan membeli peralatan olahraga yang dibutuhkan. Jika Anda sedang ingin melatih otot tubuh Anda, Anda bisa memilih salah satu peralatan olahraga yang cukup banyak direkomendasikan yaitu ab slide wheel . Manfaat ab slide wheel ini memang sangat berkaitan dengan kesehatan dan kekuatan otot. Adapun beberapa   manfaat yang dimiliki oleh peralatan ini diantaranya : Melatih Otot Perut Manfaat pertama yang dimiliki oleh ab slide wheel adalah melatih otot perut. Ab slide wheel bisa digunakan dengan melakukan beberapa gerakan seper

Diet Oatmeal ? Emang Enak ?

Diet, sampai saat ini masih menjadi satu wacana yang sering ada dalam rencana hidup setiap orang namun cukup sulit untuk diwujudkan (termasuk saya 😁). Ada ratusan metode diet yang bisa digunakan tergantung pada selera dan kenyamanan masing-masing, salah satunya adalah diet oatmeal . Tujuan dari diet sendiri sebenarnya cukup beragam bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga bisa untuk menaikkan berat badan, hingga membentuk massa otot. Karena tujuannya yang berbeda, maka pola diet atau cara diet yang dilakukan juga berbeda-beda. Mengenal Oatmeal dan Peran Pentingnya Selama Diet Diet dan oatmeal menjadi dua hal yang cukup sering dikaitkan karena oatmeal seringkali digunakan dalam proses diet ini. Oatmeal sendiri sebenarnya merupakan gandum utuh, sehingga oatmeal dipastikan memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh. Oatmeal dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki serat tinggi sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan satu kandungan ini saja, tentu Anda sudah paha